Di Hadapan Tim Verifikasi Nasional KKS ,dr Ani Nurbani: Potensi Luwu Timur Harus Menasional

0
13

HistoryIndonesia.id, Lutim | Usai melakukan sejumlah kegiatan dan pengecekan lokus di beberapa daerah, diantaranya Kota Malili, Kec. Towuti dan Kec. Nuha, Kab. Luwu Timur, kegiatan tim verifikasi lomba KKS berlanjut ke Penginapan Guest House untuk beristirahat sejenak sebelum menuju ke acara ramah tamah di Golf House, Sorowako, Jumat (04/10/2019).

Turut hadir di acara ramah tamah tersebut, Wakil Bupati Luwu Timur, Ir. Irwan Bachri Syam, ST, Ketua FKS Luwu Timur, dr Ani Nurbani, MARS, Sekertaris Daerah, Bahri Suli, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Kesehatan, PT. Vale, Camat Nuha, Kepala desa, pemuka agama, serta tokoh masyarakat.

Setelah jamuan makan malam, acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Luwu Timur, dr Ani Nurbani, MARS. Dalam sambutannya beliau mengatakan, bahwa kehadiran Tim Verifikasi bukan berarti mencari kekurangan dan kesalahan tetapi mencari titik-titik mana yang bisa menjadi daya ungkit yang bisa menjadikan Kab Luwu Timur sebagai Kabupaten terbaik dan terkemuka.

Ketua Tim Verifikasi KKS, Dr. Carolina Rusdy Akib menyampaikan bahwa verifikasi yang dilakukan tahun 2019 ini adalah untuk penilaian lomba KKS di Tahun 2021 mendatang. Verifikasi bukan penentu hasil akhir tetapi sebagai pelengkap penilaian akhir.

Tim lainnya, Iwan Nefawan, S.K.M juga menambahkan bahwasanya Kab Luwu Timur memiliki banyak inovasi yang bagus, tetapi masih terkesan malu-malu sehingga jarang terekspos secara Nasional.

“Kita berharap kedepannya inovasi-inovasi yang sudah ada agar lebih dikembangkan lagi dan tidak usah perduli apabila inovasi-inovasi tersebut ternyata memiliki keseragaman dari tempat lainnya. Karena pada akhirnya inovasi tersebut nantinya akan menjadi keunggulan utama dari Kabupaten Luwu Timur” ucapnya.

Sementara Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Verifikasi lomba KKS Nasional atas waktunya di Kab Luwu Timur. “Kegiatan ini bertujuan mewujudkan kondisi masyarakat hidup bersih, nyaman, aman dan sehat. Program ini dibutuhkan peran aktif dan kontribusi langsung baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat,” tuturnya.

“Dalam dua hari ini tim telah melakukan pengecekan tentang bagaimana program-program kabupaten sehat di Kabupaten Luwu Timur. Semoga hasilnya adalah yang terbaik bagi kita semua” imbuhnya.

Irwan juga menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak termasuk PT. Vale, dan masyarakat Luwu Timur yang telah bahu membahu menyiapkan kedatangan Tim Verifikasi dalam lomba KKS ini.

Acara ramah tamah ditutup dengan pemberian bingkisan berupa produk-produk UKM binaan kepada Tim Verifikasi Pusat, Tim FKS Provinsi dan Ketua Forum Lintas Kabupaten/kota sehat yang hadir pada malam itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here